KISI-KISI UN



KISI-KISI UJIAN NASIONAL
SEKOLAH MENENGAH PERTAMA/MADRASAH TSANAWIYAH
TAHUN PELAJARAN 2015/2016
1. Bahasa Indonesia
Level Kognitif
Membaca Nonsastra
Membaca Satra
Menulis Terbatas
Menyunting Kata, Kalimat,
Paragraf
Menyunting Ejaan
dan Tanda Baca
Pengetahuan dan pemahaman
·       Mengidentifikasi
·       Menentukan
·       Memaknai
Siswa mampu
- menentukan makna kata/kalimat pada teks - menentukan informasi tersurat teks
- menentukan bagian teks
Siswa mampu
- menentukan makna kata dalam cerpen dan fabel - menentukan makna tersurat dalam cerpen dan fabel
- menentukan bagian cerpen dan fabel
Siswa mampu
- melengkapi teks dengan kata atau kalimat
Siswa mampu
-   menunjukkan kesalahan
penggunaan kata, kalimat, kepaduan paragraf
Siswa mampu
- menunjukkan kesalahan penggunaan ejaan atau tanda baca
Aplikasi
·       Menunjukkan bukti
·       Menyimpulkan
·       Menemukan ide
·       Menginterpretasikan
·       Menggunakan
·       Menyusun
Siswa mampu
- menentukan ide pokok teks
- menyimpulkan isi teks - menyimpulkan pendapat (pro/kontra) - meringkas isi teks
Siswa mampu
- menyimpulkan makna simbol dalam cerpen dan fabel
- menyimpulkan isi tersirat
dalam cerpen/fabel - menyimpulkan
sebab/akibat konflik
Siswa mampu
- menyusun urutan kalimat berbagai jenis teks
- melengkapi kata, kalimat, paragraf
Siswa mampu
-   menggunakan istilah
dalam kalimat
-   menggunakan kata
bentukan (mengisi sesuai kaidah bentukan kata)
Siswa mampu
- menggunakan ejaan - menggunakan tanda baca
Penalaran
·       Mengevaluasi
·       Membandingkan
·       Menanggapi
·       Merefleksi
Siswa mampu
- membandingkan penggunaan bahasa dan pola penyajian beberapa jenis teks - menilai keunggulan/ kelemahan karya sastra
Siswa mampu
- membandingkan pola pengembangan cerpen dan fabel
- membandingkan penggunaan bahasa cerpen dan fabel
- mengomentari isi, pola pengembangan/ bahasa
Siswa mampu
- mengubah teks ke dalam bentuk lain
- menulis teks singkat sesuai dengan konteks
Siswa mampu
-   memperbaiki kesalahan
penggunaan kata, kalimat, dan ketidakpaduan paragraf
-   menentukan alasan
kesalahan penggunaan kata, kalimat, dan ketidakpaduan paragraf
Siswa mampu
- memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan dan tanda baca
- menentukan alasan kesalahan penggunaan ejaan dan tanda baca
Keterangan
Jenis teks yang digunakan adalah:

Teks laporan, eksposisi, ulasan, biografi, prosedur, tanggapan kritis, cerpen, dan fabel


2. Bahasa Inggris

Level Kognitif
Fungsi Sosial
Struktur Teks
Unsur Kebahasaan
Pengetahuan dan Pemahaman
-     Mengidentifikasi
Siswa mampu:
-       mengidentifikasi topik/tujuan teks
fungsional pendek (pesan singkat, undangan,pengumuman, iklan, dan surat) dan esei pendek (deskriptif, prosedur, naratif, recount dan report)
Siswa mampu :
-     mengidentifikasi langkah kerja /
urutan/alur/plot dari kejadian/peristiwa/ tindakan dalam teks fungsional pendek (pesan singkat, undangan,pengumuman, iklan, dan surat) dan esei pendek (deskriptif, prosedur, naratif, recount dan report)
Siswa mampu:
-     mengidentifikasi ungkapan/kata yang
memiliki makna yang sama yang terdapat dalam teks fungsional pendek (pesan singkat, undangan,pengumuman, iklan, dan surat) dan esei pendek (deskriptif, prosedur, naratif, recount dan report)
Aplikasi
·       Mengklasifikasi
·       Menentukan
·       menerapkan
Siswa mampu :
-     siswa mampu menerapkan fungsi detil
dari setiap langkah /alat/peristiwa/ bagian/aspek yang ada disebutkan dalam teks dalam teks fungsional pendek (pesan singkat, undangan,pengumuman, iklan, dan surat) dan esei pendek (deskriptif, prosedur, naratif, recount dan report)
Siswa mampu:
-     siswa mampu menentukan susunan
kata/kalimat acak dalam teks fungsional pendek (pesan singkat, undangan,pengumuman, iklan, dan surat) dan esei pendek (deskriptif, prosedur, naratif, recount dan report) yang tepat
Siswa mampu:
-     menentukan kata yang tepat untuk
melengkapi teks dalam teks fungsional pendek (pesan singkat, undangan,pengumuman, iklan, dan surat) dan esei pendek (deskriptif, prosedur, naratif, recount dan report
-     menentukan bentuk gramatika yang
tepat sesuai konteks dalam teks dalam teks fungsional pendek (pesan singkat, undangan,pengumuman, iklan, dan surat) dan esei pendek (deskriptif, prosedur, naratif, recount dan report)
Penalaran
·       menyimpulkan
·       menganalis
Siswa mampu:
-     menyimpulkan fungsi/ akibat/efek setelah
membaca teks dalam teks fungsional pendek (pesan singkat, undangan,pengumuman, iklan, dan surat) dan esei pendek (deskriptif, prosedur, naratif, recount dan report
Siswa mampu :
-     menyimpulkan hasil dari langkah‑
langkah tindakan yang terdapat dalam teks dalam teks fungsional pendek (pesan singkat, undangan,pengumuman, iklan, dan surat) dan esei pendek (deskriptif, prosedur, naratif, recount dan report