KISI-KISI UJIAN NASIONAL
SEKOLAH MENENGAH PERTAMA/MADRASAH TSANAWIYAH
TAHUN PELAJARAN 2015/2016
TAHUN PELAJARAN 2015/2016
1. Bahasa Indonesia
Level
Kognitif
|
Membaca
Nonsastra
|
Membaca Satra
|
Menulis Terbatas
|
Menyunting Kata, Kalimat,
Paragraf |
Menyunting Ejaan
dan Tanda Baca |
Pengetahuan
dan pemahaman
·
Mengidentifikasi
·
Menentukan
·
Memaknai
|
Siswa
mampu
- menentukan makna
kata/kalimat pada teks - menentukan informasi tersurat teks
- menentukan bagian teks
|
Siswa
mampu
- menentukan
makna kata dalam cerpen dan fabel - menentukan makna tersurat dalam cerpen
dan fabel
- menentukan bagian
cerpen dan fabel
|
Siswa
mampu
-
melengkapi teks dengan kata atau kalimat
|
Siswa
mampu
- menunjukkan kesalahan
penggunaan kata, kalimat, kepaduan paragraf |
Siswa mampu
-
menunjukkan kesalahan penggunaan ejaan atau tanda baca
|
Aplikasi
·
Menunjukkan bukti
·
Menyimpulkan
·
Menemukan ide
·
Menginterpretasikan
·
Menggunakan
·
Menyusun
|
Siswa
mampu
- menentukan
ide pokok teks
- menyimpulkan isi teks - menyimpulkan pendapat (pro/kontra) -
meringkas isi teks
|
Siswa
mampu
-
menyimpulkan makna simbol dalam cerpen dan fabel
- menyimpulkan isi
tersirat
dalam
cerpen/fabel - menyimpulkan
sebab/akibat konflik
|
Siswa
mampu
- menyusun
urutan kalimat berbagai jenis teks
- melengkapi kata,
kalimat, paragraf
|
Siswa
mampu
- menggunakan
istilah
dalam kalimat
- menggunakan kata
bentukan (mengisi sesuai kaidah bentukan kata) |
Siswa mampu
- menggunakan ejaan -
menggunakan tanda baca
|
Penalaran
·
Mengevaluasi
·
Membandingkan
·
Menanggapi
·
Merefleksi
|
Siswa
mampu
- membandingkan penggunaan bahasa dan pola
penyajian beberapa jenis teks - menilai keunggulan/ kelemahan karya sastra
|
Siswa
mampu
-
membandingkan pola pengembangan cerpen dan fabel
- membandingkan penggunaan bahasa cerpen dan fabel
- mengomentari isi, pola
pengembangan/ bahasa
|
Siswa
mampu
- mengubah
teks ke dalam bentuk lain
- menulis teks singkat
sesuai dengan konteks
|
Siswa
mampu
- memperbaiki
kesalahan
penggunaan kata, kalimat, dan ketidakpaduan paragraf
- menentukan alasan
kesalahan penggunaan kata, kalimat, dan ketidakpaduan paragraf |
Siswa mampu
-
memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan dan tanda baca
- menentukan alasan
kesalahan penggunaan ejaan dan tanda baca
|
Keterangan
Jenis teks yang digunakan adalah:
Teks laporan, eksposisi, ulasan, biografi, prosedur, tanggapan kritis,
cerpen, dan fabel
2. Bahasa Inggris
Level
Kognitif
|
Fungsi Sosial
|
Struktur Teks
|
Unsur Kebahasaan
|
Pengetahuan
dan Pemahaman
- Mengidentifikasi
|
Siswa
mampu:
- mengidentifikasi
topik/tujuan teks
fungsional pendek (pesan singkat, undangan,pengumuman, iklan, dan surat) dan esei pendek (deskriptif, prosedur, naratif, recount dan report) |
Siswa
mampu :
- mengidentifikasi langkah
kerja /
urutan/alur/plot dari kejadian/peristiwa/ tindakan dalam teks fungsional pendek (pesan singkat, undangan,pengumuman, iklan, dan surat) dan esei pendek (deskriptif, prosedur, naratif, recount dan report) |
Siswa
mampu:
- mengidentifikasi
ungkapan/kata yang
memiliki makna yang sama yang terdapat dalam teks fungsional pendek (pesan singkat, undangan,pengumuman, iklan, dan surat) dan esei pendek (deskriptif, prosedur, naratif, recount dan report) |
Aplikasi
· Mengklasifikasi
·
Menentukan
·
menerapkan
|
Siswa
mampu :
- siswa mampu menerapkan
fungsi detil
dari setiap langkah /alat/peristiwa/ bagian/aspek yang ada disebutkan dalam teks dalam teks fungsional pendek (pesan singkat, undangan,pengumuman, iklan, dan surat) dan esei pendek (deskriptif, prosedur, naratif, recount dan report) |
Siswa
mampu:
- siswa
mampu menentukan susunan
kata/kalimat acak dalam teks fungsional pendek (pesan singkat, undangan,pengumuman, iklan, dan surat) dan esei pendek (deskriptif, prosedur, naratif, recount dan report) yang tepat |
Siswa
mampu:
- menentukan kata yang tepat
untuk
melengkapi teks dalam teks fungsional pendek (pesan singkat, undangan,pengumuman, iklan, dan surat) dan esei pendek (deskriptif, prosedur, naratif, recount dan report
- menentukan bentuk
gramatika yang
tepat sesuai konteks dalam teks dalam teks fungsional pendek (pesan singkat, undangan,pengumuman, iklan, dan surat) dan esei pendek (deskriptif, prosedur, naratif, recount dan report) |
Penalaran
· menyimpulkan
·
menganalis
|
Siswa
mampu:
- menyimpulkan fungsi/
akibat/efek setelah
membaca teks dalam teks fungsional pendek (pesan singkat, undangan,pengumuman, iklan, dan surat) dan esei pendek (deskriptif, prosedur, naratif, recount dan report |
Siswa
mampu :
- menyimpulkan
hasil dari langkah‑
langkah tindakan yang terdapat dalam teks dalam teks fungsional pendek (pesan singkat, undangan,pengumuman, iklan, dan surat) dan esei pendek (deskriptif, prosedur, naratif, recount dan report |